Otomotif

Motor NMAX 2025 Bermasalah? Ini Solusi dan Tips Memilih Antara NMAX Old vs New

2 min read
Admin Admin

Daftar Isi

Belakangan ini, banyak pengguna yang bertanya-tanya mengenai pilihan antara NMAX versi lama (old) atau baru (new), termasuk perbandingannya dengan Aerox dan Lexi. Perbedaan utama yang sering dibahas adalah masalah pada soket dan spul di versi terbaru. Mari kita bahas secara detail permasalahan dan solusinya.

Yamaha NMAX 2025

Masalah Umum pada NMAX Versi Baru

1. Masalah Spul

Spul kotor menjadi masalah yang umum ditemui dan memerlukan pembersihan setiap 6 bulan sekali. Untuk sensor CKP yang kotor, seringkali disebabkan oleh rembesan oli. Hal ini bisa terjadi karena:

  • Penggunaan oli yang tidak tepat
  • Pemilihan merek oli yang kurang sesuai

2. Masalah Soket

Permasalahan soket lebih ke arah kualitas koneksi, bukan pada kabelnya. Beberapa solusi yang bisa dilakukan:

Baca juga: Rahasia Modifikasi Mobil Agar Tangguh di Tanjakan! Ini Tips Jitu dari Pakar
  • Ganti dengan soket kuningan berkualitas
  • Gunakan terminal tembaga dengan sistem baut
  • Hindari penggunaan sistem klip yang kurang reliable

Tips Memilih Soket

Pilih soket dengan hambatan minimal dan kualitas koneksi yang baik. Hindari soket berbahan dasar besi yang memiliki hambatan besar dan dapat menghasilkan panas berlebih.

3. Masalah ABS

Masalah ABS biasanya terjadi karena:

Baca juga: Mengejutkan! Motor Sport 800cc Ini Dibanderol Hanya 250 Juta, Simak Reviewnya
  • Cairan rem yang tidak kompatibel
  • Seal yang tidak cocok dengan minyak rem
  • Minyak rem yang menyerap air dan merembes ke motherboard

Perbandingan NMAX Old vs New

NMAX Versi Lama (2015-2017)

  • Mesin lebih awet
  • Desain lebih disukai banyak orang
  • Minim masalah pada sistem kelistrikan
  • Tidak ada masalah dengan SSS (Start Stop System)

NMAX Versi Baru (2020+)

  • Fitur lebih modern dengan SSS
  • Desain lebih fresh
  • Perlu perhatian ekstra pada soket dan spul
  • Memerlukan perawatan lebih rutin

Tips Perawatan

1. Perawatan Oli

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Jangan biarkan oli sampai berwarna hitam
  • Lakukan pengecekan warna oli dengan kertas tisu
  • Nyalakan mesin sebentar sebelum pengecekan oli
  • Ganti oli sebelum warnanya berubah cokelat

2. Perawatan Rangka

Untuk mencegah karat:

  • Pasang spakbor tambahan
  • Rutin membersihkan bagian rangka
  • Perhatikan area di bawah garpu teleskopik

Peringatan!

Untuk pengguna NMAX versi baru dengan SSS, perhatikan kualitas soket karena pemakaian arus yang lebih besar dari sistem starter ACG motor.

Kesimpulan

Baik NMAX versi lama maupun baru memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda memilih versi baru, pastikan untuk melakukan perawatan ekstra pada bagian soket, spul, dan sistem pelumasan. Untuk versi lama, fokuskan pada perawatan mesin dan pencegahan karat pada rangka.

Baca juga: Mengejutkan! KLX 230 vs CRF 250L, Motor Trail Beda Kelas dengan Selisih Rp23 Juta

Yang terpenting adalah melakukan perawatan rutin dan menggunakan komponen berkualitas untuk menjaga performa dan keawetan motor Anda.